Kapal Ro-Ro adalah kapal yang bisa memuat kendaraan yang
berjalan masuk kedalam kapal dengan penggeraknya sendiri dan bisa keluar
dengan sendiri juga sehingga disebut sebagai kapal roll on - roll off
disingkat Ro-Ro, untuk itu kapal dilengkapi dengan pintu rampa yang
dihubungkan dengan moveble bridge atau dermaga apung ke dermaga.
Gambaran yang lazim tentang kapal
ro-ro adalah hampir selalu memiliki landasan yang besar di buritan,
sering juga memiliki empat buah landasan, landasan tersebutditempatkan
hanya pada salah satu sisinya, memiliki lambung yang tinggi dan tampak
menyerupai kotak terapung, kadang-kadang memiliki fasilitas untuk
kontainer di atas dek utamanya, dek utamanya bisa merupakan dek asli
kapal ro-ro, memiliki kemapuan menaikkan/menurunkan muatan di dek
utamanya, apabila memiliki peralatan untuk muatan, mereka memiliki krane
yang sangat kuat, dan superstruktur selalu diposisikan di kanan haluan
atau kanan buritan.
Beberapa kapal ro-ro memiliki kargo handling,beberapa yang lainnya tidak
memiliki. Muatan mereka dapat dipindahkan dari palka dan tweendecknya
melalui landasan yang direndahkan di dermaga. Muatan dapat dimuat
melalui landasan tersebut dengan forklift atau trailer/pengangkut muatan
lainnya yang biasanya lebih dari satu trailer yang bersamaan. Disuatu
saat muatan dipindahkan diantara tweendeck baik menggunakan
landasan maupun forklift.
landasan maupun forklift.
Ketika kapal memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan Panamax, beberapa dari mereka memuat 100 truk pada dek utamanya. Kapal tersebuut seperti lapangan parkir berlayar. Pada ukuran yang besar terdapat landasan. Landasan ini penting sekali dalam menyumbang pendapatan kapal ini.
Banyak kapal ro-ro seperti kapal baru ini yaitu Taronga dengan bobot
mati 39000 ton dilengkapi pula dengan peralatan untuk memuat general
kargo sebaik memuat kontainer. Kapal ini dapat dengan cepat mengubah
peranannya dengan mengambil/memindahkan tweendeknya dengan alat-alatnya
sendiri.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar